Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA yang terjadi di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang masih belum mampu memaksimalkan hasil belajar siswa. Hal ini karena guru masih menggunakan pola-pola pembelajaran yang masih tradisional atau hanya mengandalkan ceramah dan tanya jawab saja tanpa menggunakan kreatifitas dalam mengajar untuk menciptakan inovasi pembelajaran dengan kreativitas yang dimilikinya, guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014? Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 49 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Hasil Penelitian ini bisa di lihat dari analisis dengan menggunakan rumus regresi satu prediktor dimana Harga diketahui rata-rata masing-masing variabel, maka langkah selanjutnya adalah analisis uji hipotesis dengan analisis regresi satu predictor, diketahui Harga Freg = 31.61 > Ftabel = 4.047 hasil tersebut signifikan. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Sumbangan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pokok getaran dan gelombang siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014 sebesar 40.21%, juga dipengaruhi faktor lain yakni sisanya 59.79% yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.