Daftar Isi:
  • Pembelajaran merupakan upaya merubah seseorang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, yang kurang baik menjadi baik. Dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran diperlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama guru dalam pemilihan metode pembelajaran. Guru harus dapat memilih metode yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu : ( 1 ) Perencanaan, ( 2 ) Pelaksanaan, ( 3 ) Pengamatan dan ( 4 ) Refleksi. Penelitian ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MIN Wonoketingal dalam materi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menerapkan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu kepada siswa. Indikator meningkatnya hasil belajar peserta didik materi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup adalah meningkatnya prestasi belajar peserta didik yang tuntas belajarnya. Diterapkannya metode demonstrasi juga menunjukkan adanya peningkatan kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan adanya kesiapan siswa, keaktifan siswa, perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada tahap pra siklus nilai rata – rata akhir adalah 56,07, siswa yang nilainya dibawah KKM sebanyak 16 anak. Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 30. Pada siklus I rata – rata akhir adalah 72,85atau 64 % dengan siswa yang sudah tuntas belajar sebanyak 18 anak. Nilai tertinggi 100 dan terendah 50. Pada siklus II siswa yang sudah tuntas dan mencapai KKM sebanyak 26 anak dengan rata – rata nilai akhir 83,92 atau 93% . Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar peseta didik kelas III MIN Wonoketingal materi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup, ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dari hasil tes pada setiap siklusnya.