ctrlnum 4155
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/</relation><title>Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015</title><creator>Munadah, Siti</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Skripsi ini membahas tentang Model Pembelajara IPA di MI Manbaul Ulum. Kajian dilatarbelakangi dengan hasil belajar yang kurang tuntas dikarenakan metode pembelajaran dan metode yang digunakan kurang variatif. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian disekolah tersebut dengan penerapan model pembelajaran baru yaitu metode pembelajaran Picture And Picture dengan media gambar-gambar hewan, untuk meningkatkan hasil belajar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa Pelajaran IPA melalui Metode Picture And Picture Di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Metode Picture and Picture di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?&#xD; Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peseta didik 12 putra dan 18 peserta didik putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting).&#xD; Hasil penelitian membuktikan bahwa media gambar-gambar hewan dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik di kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Hal itu dapat terlihat dari data observasi ketuntasan belajar peserta didik Pada siklus I dari 30 peserta didik hasil belajar kognitif nilai rata-rata yang diperoleh masih 66,dengan ketuntasan belajar hanya 50%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar mencapai 90%, hasil belajar afektif siklus I ketuntasan klasikal hanya 63% dalam kategori cukup, siklus II naik menjadi 83% dalam kategori baik, hasil belajar psikomotorik siklus I ketuntasan klasikal hanya 78% dalam kategori cukup terampil, pada siklus II 94% kategori terampil.&#xD; Simpulan penelitian ini adalah media gambar-gambar hewan sebagai solusi yang efektif karena terbukti mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik materi IPA kelas V di MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak secara signifikan. Maka dari itu, disarankan dapat dimanfaatkan sebagai sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru, khususnya pada mata pelajaran IPA.</description><date>2014-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/1/133911209_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/2/133911209_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/3/133911209_bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/4/133911209_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/5/133911209_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/6/133911209_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/7/133911209_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Munadah, Siti (2014) Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>4155</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Munadah, Siti
title Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015
publishDate 2014
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/1/133911209_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/2/133911209_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/3/133911209_bab.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/4/133911209_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/5/133911209_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/6/133911209_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/7/133911209_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155/
contents Skripsi ini membahas tentang Model Pembelajara IPA di MI Manbaul Ulum. Kajian dilatarbelakangi dengan hasil belajar yang kurang tuntas dikarenakan metode pembelajaran dan metode yang digunakan kurang variatif. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian disekolah tersebut dengan penerapan model pembelajaran baru yaitu metode pembelajaran Picture And Picture dengan media gambar-gambar hewan, untuk meningkatkan hasil belajar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa Pelajaran IPA melalui Metode Picture And Picture Di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Metode Picture and Picture di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015? Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peseta didik 12 putra dan 18 peserta didik putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian membuktikan bahwa media gambar-gambar hewan dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik di kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Hal itu dapat terlihat dari data observasi ketuntasan belajar peserta didik Pada siklus I dari 30 peserta didik hasil belajar kognitif nilai rata-rata yang diperoleh masih 66,dengan ketuntasan belajar hanya 50%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar mencapai 90%, hasil belajar afektif siklus I ketuntasan klasikal hanya 63% dalam kategori cukup, siklus II naik menjadi 83% dalam kategori baik, hasil belajar psikomotorik siklus I ketuntasan klasikal hanya 78% dalam kategori cukup terampil, pada siklus II 94% kategori terampil. Simpulan penelitian ini adalah media gambar-gambar hewan sebagai solusi yang efektif karena terbukti mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik materi IPA kelas V di MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak secara signifikan. Maka dari itu, disarankan dapat dimanfaatkan sebagai sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru, khususnya pada mata pelajaran IPA.
id IOS2754.4155
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:12Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821491846316032
score 17.538404