Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model contextual learning dalam operasi hitung bilangan bulat berbantuan komputer (match game) pada siswa kelas II MI Miftahussalam Wonosalam Demak tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk memperbaiki tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan media computer (Match Game, (2) meningkatkan kreativitas siswa melakukan permainan dalam pembelajaran, (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual learning dengan media computer (Match Game) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Miftahussalam Wonosalam Demak mata pelajaran matematika materi pokok operasi hitung tahap yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap Pra Siklus dalam permainan rata-rata 65,60 ketuntasan klasikal 34,25%, sedangkan hasil belajar nilai rata-rata 64,00, ketuntasan klasikal 23,68%. Pada siklus I permainan rata-rata 75,50 ketuntasan klasikal 76,31% sedangkan hasil belajar rata-rata 75,52, ketuntassan klasikal 78,94%. Pada Siklus II dalam permainan nilai rata-rata 81,03 ketuntasan klasikal 89,4%, sedangkan hasil belajar 83,16 ketentuan 94,74%. Dengan demikian penggunaan model kontekstual learning berbantuan computer (Match Game) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat