Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi dokumentasi hasil ulangan materi kelipatan dan faktor bilangan, banyak peserta didik yang belum melampaui nilai KKM yaitu sebesar 70. Ketuntasan klasikal hanya sebesar 60% dari total 30 siswa. Untuk menarik peserta didik supaya berminat dalam pembelajaran matematika dan mengatasi kesulitan-kesulitan di atas, salah satunya dengan menerapkan metode demonstrasi berbantu alat peraga garis bilangan. Rumusan permasalahan yang dikemukakan adalah Apakah dengan penggunaan metode demonstrasi dengan bantuan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kelipatan dan faktor bilangan kelas IV Semester I MI Muhammadiyah Caruban Kecamatan Ringinarum Tahun Pelajaran 2014/2015?” Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dengan bantuan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok kelipatan dan faktor bilangan pada kelas IV Semester I MI Muhammadiyah Caruban Kecamatan Ringinarum Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang peroleh menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 51,42, pada siklus 1 meningkat lagi menjadi 72, dan pada siklus naik menjadi 79. Adapun data ketuntasan klasikal pada siklus 1 senilai 28,57%, pada siklus 1 sebesar 71,43%, dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 88,57%.