Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode yang digunakan guru matematika di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Hal ini terlihat dari kesiapan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan juga hasil belajar siswa MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung satuan waktu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini digunakan satu kelas untuk menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajarn matematika materi operasi hitung satuan waktu yaitu kelas V yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan belajar didapatkan nilai belajar 60 % dan rata rata tes akhir 52,8. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan, dari 60% meningkat menjadi 76% dan rata-rata tes akhir siswa meningkat menjadi 66,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung satuan waktu melalui strategi Active Learning Tipe Jigsaw. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil beljar siswa dalam pembelajaran siklus I dan siklus II.