Implementasi strategi modeling the way untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya pada kelas V semester 1 di MI Miftahuth Tholibin Waru Demak tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi strategi modeling the way pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V di MI Miftahuth Tholibin Waru Kecamatam Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Berapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi modeling the way pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya pada siswa kelas V di MI Miftahuth Tholibin Waru Kecamatam Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya kelas V MI Miftahuth Tholibin Waru Mranggen Demak. Dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar per siklus, dengan nilai ulangan harian materi benda dan sifatnya pada tahun lalu yang tuntas hanya 12 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata kelas 61,55 atau ketuntasan 54,55 %, mengalami kenaikan pada siklus I siswa yang tuntas ada 16 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata 74,20 atau ketuntasan 72,73%, dan pada siklus II ada 21 siswa dengan rata-rata 87,20 atau 95,45%. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi strategi modeling the way merupakan salah satu solusi yang efektif dalam pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.