Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana prsepsi guru tentang supervisi kepala madrasah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. 2) Bagaimana profesionalisme guru MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan, 3) Bagaimana pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala madrasah terhadap profesionalisme guru MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Subjek penelitian sebanyak 34 responden terdiri dari kepala madrasah dan guru MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan supervisi kepala madrasah dan peningkatan profesionalisme guru. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru tentang supervisi kepala madrasah dalam kondisi baik, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,76470588 berada pada interval 67-82; 2) profesionalisme guru berada dalam kondisi baik, terbukti dengan nilai rata-rata 79,20588235 berada pada interval 71-84; 3) Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi guru tentang supervisi kepala madrasah terhadap profesionalisme guru MA Salafiyah Simbangkulon. Hal ini ditunjukkan oleh hasil interpretasi bahwa Freg = 9,66458989 > 4,15 (0,05 ; 1,32) dan Freg = 9,66458989 > 7,50 ( 0,01; 1,32). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.