Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas I melalui pembelajaran cooperative model index card match dengan materi pokok membilang banyak benda di MI Raudlatussyibyan Sampang Karangtengah Demak tahun ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: Apakah penerapan pembelajaran cooperative model index card match materi pokok membilang banyaknya benda dapat meningkatkan hasil belajar pada Kelas I MI Roudlatussibyan Sampang Karangtengah Demak. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Roudlatussibyan Sampang Karangtengah Demak 2014 /2015 dengan materi pokok membilang banyaknya benda dengan target rata-rata hasil belajar ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal ≥ 70%. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan PTK, dengan desain Prasiklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil observasi, tes dan dokumen pada peserta didik kelas I MI Roudlatussibyan Sampang Karangtengah Demak. Teknik analisis data dalam peneitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh data siklus I nilai rata-rata 69 dengan tuntas klasikal 73%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75 dengan tuntas klasikal 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Index Card Match pada pembelajaran dengan materi pokok membilang banyaknya benda dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I MI Roudlatussibyan Sampang Karangtengah Demak. Peneliti menyarankan kepada Kepala Madrasah hendaknya selalu menganjurkan kepada semua guru untuk mengajar dengan metode yang membuat peserta didik aktif, merasa senang dan nyaman sehingga kejenuhan akan terhindari. Guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, sehingga keberhasilan peserta didik dapat lebih ditingkatkan.