Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, dan belum menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU 16 Kaligading sejumlah 19 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan menunjukkan keberhasilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 6,53 dengan ketuntasan belajar 63% dan hasil tes formatif pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 7,26 dengan ketuntasan belajar 84,2%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Kata Kunci : Matematika, metode demonstrasi, hasil belajar