Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas II antara lain disebabkan oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, dan strategi mengajar guru yang masih berkisar pada ceramah, tanya jawab serta penugasan saja. Dan hal inilah yang merupakan salah satu kendala mengapa kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II di MI Rohmatal Lil ‘Alamin cenderung kurang memuaskan dikarenakan belum tercapainya nilai minimal sesuai standar kelulusan ataupun KKM madrasah terutama dalam materi pokok membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dan menulis anak Kelas II MI Rohmatal Lil ‘Alamin Donorejo Karangtengah Demak. dan mengetahui penggunaan media gambar dan menyanyi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak Kelas II MI Rohmatal Lil ‘Alamin Donorejo Karangtengah Demak. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan ilmiah dalam meningkatan ketrampilan membaca anak melalui penggunaan metode gambar dan menyanyi serta sebagai pertimbangan bagi guru atau pendidik dalam memilih metode yang tepat untuk pengembangan bahasa agar menyenangkan bagi anak. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana penggunaan media gambar dan menyanyi dalam meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis anak Kelas II MI Rohmatal Lil ‘Alamin Donorejo Karangtengah Demak. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan data prasiklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh nilai ketuntasan klasikal baru mencapai 42,86 % sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan media gambar dan bernyanyi mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal sebesar 67,86 % pada siklus I dan menjadi 92, 86 % pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan media gambar dan bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II semester Gasal di MI Rohmatal Lil ‘Alamin Tahun Pelajaran2014/2015. Jadi, pemanfaatan media gambar dan menyanyi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester Ganjil MI Rohmatal Lil ‘Alamin tahun pelajaran 2014/2015