Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI NU 32 Bebengan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Inquiry. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU 32 Bebengan sejumlah 9 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan strategi Inquiry menunjukkan keberhasilan. Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 55,56%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,67% namun masih belum sesuai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 100%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan.