Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA materi pokok ciri-ciri makhluk hidup melalui metode diskusi pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas III MI NU 39 Kertosari. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas III hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Hal ini mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi rendah, dikarenakan pembelajaran bersifat pasif dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran, hanya mendengrkan dan mencatat apa yang disampaikan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III MI NU 39 Kertosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI NU 39 Kertosari sejumlah 28 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan metode diskusi menunjukkan keberhasilan, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada perbaikan pembelajaran pra siklus sebesar 46,43% mengalami peningkatan sebesar 17,86% dari kondisi awal menjadi 64,29%, kemudian ketuntasan belajar siswa sebesar 64,29% pada siklus I meningkat 25% menjadi 89,29% setelah diadakan tindakan perbaikan pembelajaran siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III MI NU 39 Kertosari.