Daftar Isi:
  • Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yaitu sebuah pemanfatan media dengan menggabungkan unsur suara dan gambar dengan mengkolaborasikan indera pendengaran dan indera penglihatan, dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran IPA. Peneliti ini diawali oleh masalah diantaranya yakni rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk menerapkan penggunaan media audio visual pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pada tiap-tiap siklus penelitian ini difokuskan untuk memperoleh data tentang efektivitass penggunaan media audio visual pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelittian ini dilakukan di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak kelas V yang berjumlah 25 siswa tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil analisis perhitungan rata-rata skor. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 24% sedangkan pada siklus II sejumlah 96%. Dengan demikian penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Media audio visual, hasil belajar.