Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Numbered Head Together yang penyajiannya menggunakan gambar dan LCD. Kajiannya di latar belakangi dengan masih rendahnya dalam perolehan nilai rata-rata kelas dibanding dengan mata pelajaran yang lain dan selalu dibawah KKM 70. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan media gambar dan LCD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bagian-bagian tubuh dan cara gerak hewan. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Data yang diperoleh dengan tes, lembar kerja, dan pengamatan peserta didik. Data tersebut, diolah untuk menggambarkan keadaan peningkatan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu : perencanaan, pelaksanan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode pembelajaran Numbered Head Together dengan media gambar dan LCD dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya materi pokok bagian-bagian tubuh hewan. Adapun hasil dari penelitian tindakan kelas sangat meningkat hingga 76,57% dari hasil sebelumnya 50%. Untuk meningkatkan prestasi belajar pada materi pembelajaran kepada siswa, hendaknya guru mengembangkan media pembelajaran dan menggunakan dengan optimal, tepat, kongkrit, nyata serta bervariasi, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembealajaran di kelas.