Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan media jam pada materi pengukuran waktu kelas II MI NU 16 Kaligading Boja Kendal tahun pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas ii mi nu 16 kaligading. berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas II hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II MI NU 16 Kaligading pada materi pengukuran waktu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penggunaan media jam. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI NU 16 Kaligading sejumlah 22 siswa. Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 45,45%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,18% namun masih belum sesuai persyaratan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 90,91%.. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran waktu pada siswa kelas II MI NU 16 Kaligading.