Efektivitas practice-rehearsal pairs dan media audio visual terhadap hasil belajar materi pokok hafalan Surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan
Daftar Isi:
- Skripsi ini kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini berjalan khususnya dalam pembelajaran menghafal surat-surat pendek siswa disuruh menghafal sendiri-sendiri. Hal tersebut kurang mengembangkan semangat belajar serta kemampuan siswa dalam belajar terutama dalam menghafal. Karena setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan practice-rehearsal pairs dan media audio visual terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah practice-rehearsal pairs dan media audio visual efektif terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV di MI Miftahul Akhlaqiyah? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas IV A sebagai kelas kontrol, kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas V sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan evaluasi setelah pembelajaran selesai. Soal evaluasi yang diberikan sebelumnya telah diuji cobakan pada kelas uji coba untuk di ketahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya bedanya. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh thitung=1,727 > ttabel=1,68 dengan = 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan practice-rehearsal pair dan media audio visual sebesar 75,60, sementara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran konvensional sebesar 70,60. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain practice-rehearsal pairs dan media audio visual efektif terhadap hasil belajar materi pokok hafalan surat Al-‘Adiyat peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin-Ngaliyan. Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreatifitas dalam menggunakan pembelajaran practice-rehearsal pairs dan media audio visual. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini. Sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.