Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh metode menyanyi terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang? Metode menyanyi salah satu metode pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam metode menyanyi peserta didik dapat mempermudah mengingat materi yang diajarkan karena pengajaran yang dilakukan dengan kegembiraan akan memperlambat kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada Pengaruh Metode menyanyi terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad SAW Siswa Kelas III di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Khoiriyyah 02 semarang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen kelas III B. Jadi sampel diambil dari populasi keseluruhan. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan dokumentasi, dan test. Pengujian hipotesis penelitian ini antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil t-test dihasilkan bahwa thitung= 3,80828 sedangkan ttabel = 1,697 Karena thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh metode menyanyi terhadap prestasi belajar pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang didapat dari penelitian kuantitatif adalah 83,0% sedangkan rata-rata prestasi belajar kelas kontrol 67,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode menyanyi terhadap prestasi belajar siswa kelas III di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang.