Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok cahaya kelas VIII semester genap SMP Futuhiyyah Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling, dengan dua kelas sebagai sampel penelitian. Dengan pengambilan acak diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen terdiri dari 42 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol terdiri dari 41 peserta didik. Kedua kelas tersebut dipilih secara acak dari empat kelas yang ada setelah sebelumnya diuji dan diketahui normalitas dan homogenitas populasinya. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t-test. Berdasarkan uji t-test dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 3,203 sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 69,29 dan kelompok kontrol = 62,80 juga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan pembelajaran model PAIKEM dengan pendekatan SETS lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran PAIKEM dengan pendekatan SETS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.