Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kelemahan siswa dalam belajar akidah akhlaks dikarenakan siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena perlu dilakukan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran aktif seperti metode the power of two dengan metode team quiz agar siswa tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajarnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji yang menggunakan metode the power of two dengan metode team quiz di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif dalam desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis ttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji yang menggunakan metode the power of two dengan metode team quiz di kelas V MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 ditunjukkan n1 = 22 dan n2 = 22 diperoleh thitung = 3,693. Dengan α = 5% dan dk = 42 diperoleh ttabel = 2,02. Karena thitung > ttabel.