Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan moving class. 2) Motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan moving class.3) Adakah perbedaan yang signifikan tentang motivasi belajar PAI siswa kelas XI yang menggunakan moving class di SMA N 8 Semarang dan siswa yang tidak menggunakan moving class di SMA N 13 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data angka, dan untuk menganalisis data-data tersebut adalah menggunakan analisis t-test yang dikembangkan dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA N 8 dan SMA N 13 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan sampel penelitian ini kelas IPA 6 dan IPS 3 di SMA N 8 Semarang sebagai responden yang menggunakan moving class sedangkan kelas IPA 3 dan IPS 2 di SMA N 13 Semarang sebagai responden yang tidak menggunakan moving class, diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sebelum instrumen angket digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas dan reliabilitas instrument. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Dari pengujian hipotesis diperoleh rata-rata motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan moving class adalah 111,37 Sedangkan rata-rata motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan moving class adalah 100,87. Berdasarkan hasil uji komparasi (uji t-test) yang diperoleh bahwa : 7, 491 dan : 1,98 dengan taraf signifikansi 5%. Jika > maka diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan moving class. Dengan demikian motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan moving class lebih tinggi atau lebih baik daripada motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan moving class. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para tenaga pendidik. Dan diharapkan menjadi bahan pengalaman peserta didik untuk dapat meningkatkan motivasi belajar PAI.