Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui Hasil Belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam Peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. 2) Untuk mengetahui Karakter Peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. 3) Untuk mengetahui Korelasi antara Hasil Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dengan Karakter Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisis korelasi. Teknik ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran antara dua variabel yang berbeda agar dapat memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara dua variabel tersebut. Teknik korelasi dalam metode penelitian ini yang digunakan adalah korelasi product moment. Setelah dilakukan analisis terhadap data-data yang terkumpul, diketahui bahwa, (1) Hasil belajar bidang studi PAI peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, di mana nilai rata-rata yang diperoleh melalui jawaban responden adalah 81,983 yang berada pada interval 82 – 87. (2) Karakter peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, di mana nilai rata-rata yang diperoleh melalui jawaban responden adalah 82,55. yang berada pada interval 83 – 88. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar bidang studi pendidikan agama Islam dengan karakter peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi product moment yang didapat 0,998 yang lebih besar dari korelasi yang ada pada tabel, baik pada taraf signifikansi 5% (0,254) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,330). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif antara hasil belajar bidang studi pendidikan agama Islam dengan karakter peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal, sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa dan para guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya dapat memperoleh pemahaman tentang hasil belajar bidang studi PAI yang ternyata ada hubungan yang positif dan signifikan dengan karakter peserta didik. Sehingga bagi guru tidak hanya memperhatikan prestasi atau hasil belajar peserta didik, tetapi juga memperhatikan karakter peserta didik.