Daftar Isi:
  • Penelitian ini meneliti tentang hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya kebiasaan membaca Al-Qur‟an yang terkait dengan tingginya minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan antara Kebiasaan Membaca Al -Qur‟an dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015?.Dan penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisis korelasi. Teknik korelasi dalam metode penelitian ini yang digunakan adalah korelasi product moment. Teknik ini digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran antara dua variabel yang berbeda agar dapat menentukan memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara dua variabel tersebut. Subyek penelitian sebanyak 64responden, yang terdiri atas kelas XII Akuntansidan XII Animasi di SMKMuhammadiyah 1 Semarang. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis statistik.Penelitian ini menunjukkan bahwa, Hubungan antara Kebiasaan Membaca Al- Qur‟an dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015” dapat diketahui, Kebiasaan Membaca Al-Qur‟an Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/2015 termasuk dalam kategori sedang, pada nilai rata-rata dari variabel kebiasaan membaca Al-Qur‟an (variabel X) yang diperoleh melalui jawaban responden adalah 37 yang berada pada interval 36-43. Dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015 termasuk kategori sedang, pada nilai rata-rata dari variabel minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiya h 1 Semarang tahun 2014/ 2015 (variabel Y) yang diperoleh melalui jawaban responden adalah 58 yang berada pada interval 55-70.Hasil koefisien korelasirumus analisis product moment nilai r hitung = 547605758,0 dan r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,244 yang berarti r hitung > r tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak dan hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang karena r hitung berada pada interval 0,41 –0,70.Dan hasil signifikasi antara variabel X dan Y melalui rumus t hitung yang didapat 5,2 yang lebih besar dari t hitung yang ada pada tabelke 60 sebagai dk yang mendekati dari dk 62, baik pada taraf signifikansi 5% (2,000) maupun pada taraf signifikansi 1% (2,660). Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Dengan demikian hipotesisnya bahwa ada hubungan yang positif antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islampeserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015, atau dengan kata lain semakin tinggi kebiasaan membaca Al-Qur‟an peserta didik maka akan semakin tinggi minat belajar pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015,sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Dan hasil determinan koefisien determinasinya 0,299 yang menggambarkan bahwa dalam penelitian ini kebiasaan membaca Al-Qur‟an mempunyai sumbangan sebesar 29,9% terhadap minat belajar PAI peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Sisanya 70,1% ditentukan oleh faktor-faktor lain yaitu suasana kelas, materi yang dipelaja ri, sarana dan prasarana, latar belakang, sosial dan ekonomi, dan lingkungan intern maupun ekstern.