Korelasi pemahaman pendidikan agama Islam dengan akhlak peserta didik kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang tahun ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman peserta didik dalam pendidikan agama, untuk mengetahui akhlak peserta didik, dan untuk mengetahui hubungan/ korelasi pendidikan agama Islam dengan akhlak peserta didik Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Kab. Batang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research), jenis penelitian ini korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey, teknik analisis yang digunakan adalah mengggunakan teknik korelasi product moment. Subyek penelitian sebanyak 66 responden, yang terdiri dari kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih kabupaten Batang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berbentuk multiple choice untuk mencari data berupa nilai pemahaman pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI SMK Diponegoro dan angket dengan menggunakan skala Likert untuk mencari data berupa nilai akhlak peserta didik kelas XI SMK Diponegoro dan dokumentasi untuk mendapatkan data jumlah peserta didik kelas XI yang dijadikan objek penelitian, data berupa foto kegiatan penelitian, catatan nilai peserta didik, kurikulum pendidikan agama Islam dan segala informasi yang berkaitan dengan sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan/ korelasi positif yang signifikan antara pemahaman pendidikan agama Islam dengan akhlak peserta didik kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Kabupaten Batang tahun ajaran 2014/ 2015, dibuktikan dengan diperolehnya rXY sebesar 0,658 dan rtabel sebesar 0,242.