Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Model Pengembangan Life Skill di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang model pengembangan life skill di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana model pengembangan life skill di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang. Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret model pengembangan life skill. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian ini termasuk penelitian kualitaitif lapangan. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pengembangan life skill yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang berfokus pada aspek kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. Aspek kecakapan akademik meliputi pelatihan keterampilan berbahasa asing, komputer, seni musik, dan jurnalistik. Adapun pada aspek kecakapan vokasional meliputi pelatihan keterampilan menjahit, memasak, koperasi, perikanan, peternakan, pertanian, dan pertukangan. (2) Faktor penghambat dari penerapan model pengembangan life skill di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang adalah terbatasnya jumlah ustadz yang ahli dalam bidang life skill dan sarana prasarana yang belum maksimal.