Hubungan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan ketaatan siswa kepada orang tua siswa MI Islamiyah Rowosari Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa MII Rowosari Limpung Batang; 2) bagaiman ketaatan siswa terhadap orang tua siswa MII Rowosari Limpung Batang; 3) Adakah hubungan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dan Ketaatan Siswa terhadap orang tua siswa MII Rowosari Limpung Batang. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi dimana penulis ingin mengetahui hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan ketaatan siswa MII Rowosari Limpung Batang tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mencari informasi ketaatan siswa terhadap orang tua siswa di MII Rowosari Limpung Batang. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa di MII Rowosari Limpung Batang. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Dari uji hipotesis berkaitan dengan adanya hubungan antara prestasi belajar dan ketaatan siswa terhadap orang tua siswa MII Rowosari Limpung Batang, menunjukkan bahwa: (1) dari perhitungan rata-rata prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MII Rowosari Limpung Batang tahun pelajaran 2013/2014 diketahui nilainya sebesar 73,21 termasuk kategori baik yaitu terletak pada interval 72-77. (2) dari perhitungan rata-rata ketaatan siswa terhadap orang tua siswa kelas IV dan V di MII Rowosari Limpung Batang tahun pelajaran 2013/2014 diketahui nilainya sebesar 80,64 termasuk kategori baik sekali yaitu pada interval 81-85. (3) sesuai hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai rxy sebesar 0,529 lalu dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,515. Karena rxy > rt (baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%) maka hasilnya signifikan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ ada hubungan antara prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan ketaatan siswa terhadap orang tua siswa MII Rowosari Limpung Batang tahun pelajaran 2013/2014 ” diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, orang tua,tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.