Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Bagaimana Implementasi nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MA NU TBS Kudus? “ Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan atau penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di MA NU TBS Kudus. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verification. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Nilai-nilai ASWAJA dalam pendidikan islam adalah sikap yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi muslim yang kaffah. Nilai-nilai tersebut kemudian termanifestasikan dalam bentuk kurikulum PAI dan pelaksanaan pembelajaran PAI. Nilai-nilai tersebut adalah: dalam bidang aqidah, yang meliputi seluruh persoalan yang harus diimani oleh setiap muslim, dalam bidang fiqih yaitu hukum-hukum yang berkenaan dengan syari’at Islam, dalam bidang tasawuf yang meliputi seluruh masalah tentang cara berahlak menurut ajaran Islam. Dengan karakter khususnya yaitu: tawasuth, tawazun, tasamuh, I’tidal dan Amar Ma’ruf nahi munkar Implementasi nilai-nilai ASWAJA dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MA NU TBS Kudus yang menekankan cerminan nilai-nilai ASWAJA dilaksanakan dengan pembekalan teori dari kitab salaf, aktifitas ritual (amaliah-amaliah) dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian Implementasi nilai-nilai ASWAJA di MA NU TBS Kudus tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif.