Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan model advance organizer dengan metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok getaran dan gelombang kelas VIII semester genap MTs Manbaul Ulum Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Manbaul Ulum Demak. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII A merupakan kelas kontrol dan kelas VIII B merupakan kelas eksperimen. Kelas VIII A terdiri dari 48 peserta didik dan kelas VIII B terdiri dari 47 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan model advance organizer dengan metode demonstrasi dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2,69, sedangkan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model advance organizer dengan metode demonstrasi lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model advance organizer dengan metode demonstrasi efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok getaran dan gelombang kelas VIII semester genap MTs Manbaul Ulum Demak dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model advance organizer dengan metode demonstrasi lebih baik dari pada model konvensional.