Hubungan pengetahuan mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2010-2011 tentang pendidikan seks (Sex education) dengan sikap kesehatan reproduksi
Daftar Isi:
- Skripsi ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa pendidikan seks (Sex Education) dikalangan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sangat tabu untuk diperbincangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif antara pengetahuan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2010-2011 tentang pendidikan seks (Sex Education) dengan sikap kesehatan reproduksi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif ex-postfacto, dengan variabel bebas pengetahuan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2010-2011 tentang pendidikan seks (Sex Education) sedangkan variabel terikatnya adalah sikap kesehatan reproduksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pengetahuan pendidikan seks (Sex Education) dan angket sikap kesehatan reproduksi yang diberikan kepada sampel responden sebanyak 57 orang dari populasi sebesar 70 Mahasiswa Tadris Biologi angkatan 2010-2011. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Dari dua variabel yang ada yaitu, variabel X (pengetahuan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2010-2011 tentang pendidikan seks (Sex Education), dan variabel Y (sikap kesehatan reproduksi). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel X Pengetahuan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan tentang pendidikan seks (Sex Education) dalam kriteria “Cukup Baik”, dengan skor rata-rata 71,578 pada interval 64-71. Variabel Y sikap kesehatan reproduksi terdapat criteria “Cukup Baik”, dengan skor rata-rata 62,28 pada interval 58-64. Hasil perhitungan product moment ialah r hitung = 0,383, rtabel = 0,266 rhitung r tabelpada taraf signifikan 5%, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2010-2011 tentang pendidikan seks (Sex Education) dengan sikap kesehatan reproduksi