Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “adakah hubungan positif antara prestasi kognitif fiqh ibadah dengan intensitas shalat berjama’ah siswa kelas XI MA YAFALAH Ginggang Gubug Grobogan Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 39 responden, yang terdiri atas kelas XI IPA dan kelas XI IPS di MA Yafalah Ginggang-Gubug-Grobogan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode angket, metode dokumentasi dan metode interview. Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi satu prediktor dan korelasi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa: setelah melakukan uji coba angket tentang intensitas shalat berjama’ah berjumlah 25 item soal pada kelas XI SMK Yafalah maka diperoleh 20 soal angket tentang intensitas shalat berjama’ah yang dinyatakan valid dan reliabel . Dari 20 item soal yang valid, instrumen tersebut dibagikan kepada 39 responden. Hasil penelitian menunujukan Dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 37 diperoleh Ftabel sebesar 4,11 sedang Freg sebesar 9, 781. Jika dibandingkan keduanya Freg = 9,781 > Ftabel ( 0,05 ; 1,37) = 4,11 dengan demikian diketahui variabel prestasi belajar kognitif fiqh berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas shalat berjama’ah siswa kelas XI MA Yafalah Ginggang-Gubug-Grobogan. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 37 diperoleh Ftabel sebesar 7,37 sedang Freg sebesar 9, 781. Jika dibandingkan keduanya Freg = 9, 781 > Ftabel ( 0,01 ; 1,37) = 7,37 dengan demikian diketahui variabel prestasi belajar kognitif fiqh berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas shalat berjama’ah siswa kelas XI MA Yafalah Ginggang-Gubug-Grobogan. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel prestasi belajar kognitif fiqh dan variabel intensitas shalat berjama’ah siswa kelas XI MA Yafalah Ginggang-Gubug-Grobogan. pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel prestasi belajar kognitif fiqh berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas shalat berjama’ah siswa kelas XI MA Yafalah Ginggang- Gubug-Grobogan.