Korelasi sikap Spiritual Quotient (SQ) dengan akhlak siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Sikap Spiritual quotient (SQ) siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana akhlak siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2013/2014? (3) Apakah ada korelasi antara sikap spiritual quotient (SQ) dengan akhlak siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2013/2014? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan teknik korelasional, dan dalam menganalisis datanya digunakan analisis statistik rumus regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013/1014 yang berjumlah 124 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 43 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mendapatkan data variabel X dan variabel Y. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Spiritual quotient siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu = 86,14 dan simpangan baku yaitu S = 4,988 dan dalam kategori cukup, yaitu terdapat antara interval 83–87. (2) Akhlak siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu = 82,63 dan simpangan baku yaitu S = 5,349 dan dalam kategori cukup, yaitu terdapat antara interval 79–84. (3) Hasil hipotesis dan uji koefisien variabel menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh variabel sikap spiritual quotient (X) dengan akhlak Siswa di M.Ts. Irsyaduth Thullab Tedunan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak tahun ajaran 2013/2014 (Y) dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana dan diperoleh hasil persamaan regresi Ŷ = 15,69 + 0,78X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 45,34 > Ftabel 5% = 4,08 yang berarti signifikan dan Fhitung = 45,34 > Ftabel 1% = 7,31 yang berarti signifikan. Oleh karena koefisien korelasinya bertanda positif, hal ini berarti semakin tinggi nilai sikap spiritual quotient siswa maka semakin tinggi pula akhlak siswa. Sedangkan besarnya pengaruh antara sikap spiritual quotient terhadap akhlak siswa sebesar 52,5%. Hal ini berarti jika sikap spiritual quotient siswa tinggi maka akhlak siswa juga meningkat.