Daftar Isi:
  • Diversifikasi Produk Merupakan strategi pemasaran yang menjadi salah satu kunci meningkatkan volume penjualan karena konsumen lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka. Hal ini penting agar konsumen tidak beralih kepada produk lain yang dirasa dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk mewujudkan diversifikasi Produk Frolic Clothing Semarang dalam perkembanganya dituntut untuk memberikan banyak pilihan produk kepaada konsumen dengan memperhatikan dimensi diversifikasi produk itu sendiri yaitu meningkatnya jenis, bentuk, model, atribut, dan ukuran produk. Hal tersebut dapat dilihat dari empat tahun terakhir volume penjualan Frolic Clothing Semarang mengalami pasang surut total volume penjualan. Dari latar belakang tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan pada Frolic Clothing Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh Diversifikasi Produk terhadap volume penjualan pada Frolic Clothing Semarang. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan field research. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data sekunder diperoleh berdasarkan catatan penjualan dan bukti tertulis yang didokumentasikan. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana, analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik dan uji hepotesa, sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 19.00 for windows. Dari hasil pengolahan data diperoleh regresi linier sederhana Y = 32,051 + 27,211X. Besarnya pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan adalah 27,211%. berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 5,025 dengan nilai signifikansi 0.01, dimana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Diversfikasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume penjualan.