Hubungan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan Grobogan Tahun 2013/2014
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014. 2) Sikap Sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014. 3) Ada tidaknya hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field resarch yang berjenis kuantitatif dengan teknik korelasional, sehingga dalam menganalisis datanya digunakan analisis statistik rumus product moment. Subyek penelitian sebanyak 87 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan prestasi atau nilai raport untuk menjaring data X dan menjaring data Y menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah, dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak diperoleh nilai rata-rata 78,38. Dari nilai mean tersebut berarti bahwa prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak berada dalam klasifikasi berkategori baik, yaitu berada pada interval 75,88−80,88. (2) Sikap sosial siswa, diperoleh nilai rata-rata 79,81. Dari nilai mean tersebut berarti bahwa sikap sosial siswa klasifikasi berkategori baik, yaitu berada pada interval 76,31−83,31. (3) Terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014, ditunjukkan bahwa rxy (indeks korelasi variabel x dan y) = 0,431, sedangkan nilai rtabel taraf signifikan 5% diperoleh 0,213, dengan demikian rxy = 0,431 > rt = 0,213 dan pada taraf 1% diperoleh nilai pada tabel rt = 0,278 dengan demikian rxy sebesar 0,431 lebih besar dari harga r teoritik maka dinyatakan signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa terdapat hubungan yang signifikan. Pada penelitian ini maka hubungan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa kelas VIII MTs. Miftahul Huda, Kuripan, Grobogan Tahun 2013/2014 sebesar 18,5%. Sedangkan sisanya sebesar 81,5% merupakan faktor lain yang belum diteliti oleh penulis. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak maka sikap sosial siswa semakin baik dan sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para praktisi pendidikan baik guru maupun orang tua dalam pembinaan dan pendidikan keagamaan pada putra-putrinya agar menjadi anak yang berkepribadian baik.