Internalisasi nilai-nilai akhlak melalui matapelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) siswa kelas Va di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang
Daftar Isi:
- pencak silat (PSHT)? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Lapangan dengan Teknik Analisis Deskriptif Analitik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan telaah pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Terdapat lima dasar ajaran yang diluncurkan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate dalam berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Kelima dasar ajaran itu terangkum dalam konsep pembelajaran yang dinamakan “Panca Dasar” yaitu Persaudaraan, Olah Raga, Bela Diri, Kesenian, dan Kerokhanian. (2) Internalisasi nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat terhadap tingkah laku siswa merupakan upaya untuk mewujudkan terjadinya proses pengambilan nilai-nilai akhlak oleh peserta didik untuk diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari. Demi terwujudnya proses tersebut, diperlukan adanya pengembangan upaya-upaya dalam tahapan proses internalisasi nilai-nilai akhlak, strategi, pendekatan dan metode, serta pengembangan aspek-aspek yang memiliki peran penting dalam tahapan proses internalisasi nilai-nilai akhlak Islam.