Peran Kepala Madrasah dalam Upaya Membentuk Guru Profesional di MA Al-Irsyad Gajah Demak Jawa Tengah
Main Author: | Ruba'i, Moh. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/1/Ruba%27i_Tesis_Coverdll.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/2/Ruba%27i_Tesis_Bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/3/Ruba%27i_Tesis_Bab2.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/5/Ruba%27i_Tesis_Bab5.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/6/Ruba%27i_Tesis_Bibliografi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/364/ |
Daftar Isi:
- Peran kepala madrasah sebagai manajer sekaligus sebagai supervisor, inovator dan motivator dalam lembaga pendidikan Islam, sangat dibutuhkan signifikansinya dalam peningkatan profesionalisme guru. Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah Demak merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tingkat menengah yang selama ini menjadi model bagi Madrasah Aliyah di sekitarnya. Sejak berdiri, madrasah tersebut telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitarnya, tanpa meninggalkan tuntutan kebutuhan perkembangan zaman (globalisasi). Komitmen madrasah dalam posisinya sebagai tempat pewarisan nilai-nilai agama Islam bagi siswa dan masyarakat sekitar. Sebab secara sosio-kultural masyarakat sekitar madrasah memiliki nuansa yang Islami dan tradisi-tradisi keislaman yang masih kental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang upaya kepala madrasah dalam peran serta membentuk guru profesional di MA Al-Irsyad Gajah Demak dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepala madrasah dalam peran serta membentuk guru professional. Adapun bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala Madrasah Aliyah Al-Irsyad Gajah memiliki peran untuk meningkatkan profesionalisme guru/tenaga kependidikan di madrasahnya. Salah satunya menciptakan iklim madrasah yang kondusif, memberikan nasihat kepada warga madrasah, memberikan dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. Langkah-langkah yang ditempuh oleh kepala madrasah antara lain melakukan: pembinaan mental, pembinaan moral, dan pembinaan fisik Selain upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah aliyah al-Irsyad Gajah dalam meningkatkan kinerjanya juga melakukan aktifitas : mengikutsertakan guru-guru dalam penataran-penataran dan selalu menggunakan waktu belajar secara efektif di madrasah. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepala madrasah dalam upaya membentuk guru profesional di MA Al-Irsyad Gajah Demak, yaitu meningkatkan profesionalime guru/tenaga kependidikan dimulai dengan sikap demokratis, memberikan teladan kepada tenaga kependidikan yang ada dan melaksanakan supervsisi secara berkala.