Daftar Isi:
  • Pembiayaan akad mudharabah merupakan kegiatan pembiayan untuk pengadaan pemberian modal kerja berdasarkan kebutuhan nasabah sesuai dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh preferensi (psikologis, sosial dan situasional) nasabah terhadap pengambilan keputusan memilih produk pembiayaan akad mudharabah di BMT Muamalat Limpung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch) yakni pengamatan langsung ke objek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang penulis berikan kepada nasabah BMT. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi serta uji hipotesis dengan uji simultan (uji F), koefisien determinasi (R2) dan uji parsial (uji t). Hasil R Square sebesar 0.675 berarti 67,5% pengambilan keputusan memilih produk pembiayaan akad mudharabah di BMT Muamalat Limpung dapat dijelaskan oleh variabel preferensi (psikologis, sosial dan situasional) nasabah. Sedangkan 32,5% (100%-67,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dalam cakupan penelitian penulis. Nilai F hitung sebesar 58.24 dan signifikan pada 0,000 < dari α = 0.05 yang berarti variabel independen preferensi (psikologis, sosial dan situasional) nasabah secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen yaitu preferensi nasabah terhadap pengambilan keputusan memilih produk pembiayaan akad mudharabah di BMT Muamalat Limpung karena nilai signifikannya dibawah 0.05.