Analisis terhadap strategi memaksimalkan kinerja SDM pada LKI (Lembaga Keuangan Islam) Buana Kartika kecamatan Mranggen kabupaten Demak
Daftar Isi:
- Dewasa ini, perkembangan perbankan di Indonesia sangat maju pesat ditandai dengan menjamurnya kantor-kantor perbankan yang berdiri di hampir seluruh daerah, hal ini berdampak bagi LKI Buana Kartika yang baru berumur 10 tahun, sehingga LKI Buana Kartika harus bekerja keras untuk tetap exis di dunia usaha serta memajukannya. Disamping itu, LKI Buana Kartika hanya mempunyai 4 pegawai saja yaitu ketua pelaksana satu orang, accounting officer satu orang, deskman satu orang dan kasir satu orang. Minimnya pegawai tersebut tentunya manajer LKI Buana Kartika harus mempunyai strategi yang jitu untuk keberlangsungnya LKI Buana Kartika tersebut. Berdasarkan dari keterangan di atas tersebut penelitian ini dirumuskan pada bagaimanakah startegi memaksimalkan kinerja SDM (pegawai) di LKI Buana Kartika Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak melalui fungsi manajemen? Dan bagaimanakah startegi memaksimalkan kinerja SDM (pegawai) di LKI Buana Kartika Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak melalui fungsi operasional? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedang teknik pengambilan data meliputi observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari pembahasan: Dalam memaksimalkan kinerja SDM (pegawai) di LKI Buana Kartika Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak melalui fungsi manajemen ini dengan memberikan tugas tamabahan kepada karyawannya, namun tugas tambahan ini tidak memberatkan karyawannya karena manajer LKI Buana Kartika tidak semena-mena dalam memberikan tugas tambahan walaupun tidak ada standarisasinya dan job deskripsi yang jelas. Manajer LKI Buana Kartika tetap mempertibangkan sisi-sisi kemanusiaannya. Dalam memaksimalkan kinerja SDM (pegawai) di LKI Buana Kartika Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak melalui fungsi operasional Manajer LKI Buana kartika dalam memberi beberapa pelatihan dan dispensasi berupa gaji, penghargaan baik materiil seperti tunjangan atau pinjaman maupun immateriil seperti pujian, bombongan dan sebagainnya. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan kinerja karyawan dalam mendapatkan tugas tambahan dari manajernya. Disamping itu, manajer LKI juga mengintegrasikan dengan rapat setiap hari sehingga segala macam keluhan kerja dapat diselesaikan dengan segera dan karyawan menjadi puas dan nyaman dalam bekerja. Solusi yang diberikan penulis perlu adanya pembahan karyawan mengingat persaingan yang begitu ketatnya sehingga pelayan dan kemanan di LKI Buana Kartika dapat ditingkaatkan sehingga para nasabah merasa nyaman dan akhirnya dapat meningkat lebih cepat lagi.