Pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal studi pada masyarakat Kecamatan Kota Kendal, Kabupaten Kendal
Daftar Isi:
- Beberapa tahun belakangan ini perkembangan bank Syari’ah banyak menemui perkembangan yang signifikan dan banyak mulai diminati oleh masyarakat, terlebih pada orang-orang yang beragama islam. Dengan bersandarkan asas-asas islami bank-bank syariah mulai menunjukkan pengaruh dan kekuatannya di sektor perekonomian Indonesia. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya bank syariah beroprasi. Termasuk dalam pelaksanaan aqadnya yang benar-benar melingkupi orang-orang islam khusunya. Karena pada dasarnya pengetahuan masyarakat tentang bank pada umumnya dan bank Syariah pada khususnya akan mempengaruhi minat masyarakat sendiri untuk menjadi nasabahnya. Termasuk dalam hal pengetahuan masyarakat tentang bank syari’ah yang akan mempengaruhi minat seorang muslim khusunya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk meneliti seberapa besar pengaruh pengetahuan tentang bank syariah terhadap minat masyarakat dengan judul : Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal ( Studi Masyarakat Kota Kendal, Kabupaten Kendal ). Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitin kuantitatif, oleh karena itu data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angka yang di peroleh akan di analisis lebih lanjut dalam analisis data. Penelitian ini terdiri atas dua variable, yaitu Pengetahuan Masyarakat sebagai variabel X dan Minat Menjadi Nasabah Sebagai Variabel Y Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan parsial dengan menggunakan SPSS 16.0. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Kota Kendal. Metode pengambilan sampel non probability, dengan metode accidental sampling yaitu suatu metode pengambilan ukuran sampel secara kebetulan, dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang dianggap sesuai untuk dijadikan data penelitian. Berdasarakan rumus solvin jumlah sampel yang diperoleh adalah 100, dari populasi yang ada sebanyak 55.800 jiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Hal ini dibuktikan bahwa variabel pengetahuan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 12.234> t tabel 1.6605dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 dibawah 0,05. Bukti empiris ini memberikan indikasi bahwa dalam upaya menarik minat masyarakat dalam meningkatkan jumlah nasabah bank Muamalat cabang Kendal. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa faktor pengetahuan konsumen mempunyai pengaruh yang dominan untuk minat menjadi nasabah. dan Dari hasil uji F pengetahuan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank Muamalat cabang Kendal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari uji ANOVA atau F test. Dari hasil analisis uji F didapat F hitung sebesar149.674> F tabel sebesar 3.93 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05 dan F hitung lebih besar dari F tabel maka, model regresi dapat dipergunakan untuk memprediksi minat atau dapat dikatakan bahwa variabel pengetahuan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menjadi nasabah bank Muamalat cabang Kendal.