Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam. Apalagi jumlah KBIH sekarang ini semakin banyak. Maka pengelola KBIH harus benar-benar mempunyai strategi yang baik, untuk rekrutmen calon jamaah haji yang sebanyak-banyaknya dengan persaingan secara profesional. Strategi rekrutmen menjadi kunci untuk mendapatkan calon jamaah haji (konsumen). Konsumen yang merasa terpuaskan oleh pelayanan akan mengajak konsumen lain untuk bergabung menggunakan jasa KBIH tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, strategi rekrutmen calon jamaah haji di KBIH As-Shodiqiyah Kota Semarang. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi rekrutmen calon jamaah haji di KBIH As-Shodiqiyah Kota Semarang. Metode penelitian terdiri dari: jenis penelitian adalah kualitatif. Sumber dan jenis data berupa data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah informasi langsung dari Ketua KBIH dan pengurus KBIH. Data sekunder diperoleh melalui sumber data yang berupa data-data yang berkaitan dengan permasalahan yang penulis bahas. Seperti data dari buku-buku, dan data-data lainnya yang bersifat menunjang dalam penelitian ini, yang terdapat pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) As-Shodiqiyyah Kota Semarang. Teknik pengambilan data meliputi: observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari pembahasan: Pertama, strategi rekrutmen yang diterapkan oleh KBIHAs-Shodiqiyah adalah anggota keluarga pengurus, teman dan jamaah, menerapkan sistem kekeluargaan, dan biaya manasik yang bersifat sukarela serta silaturrahmi para alumni jamaah haji. Kedua, faktor pendukung dalam rekrutmen calon jamaah haji KBIH As-Shodiqiyah adalah: kharismatik seorang kyai/ketokohan ketua KBIH, pelayanan jamaah di KBIH, jaringan kelembagaan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sedangkan faktor penghambat dalam rekrutmen calon jamaah haji KBIH As-Shodiqiyah adalah: masih terfokus kepada satu tokoh (Ketua KBIH), tumpang tindih dalam pembagian kerja, persaingan antar KBIH di Kota Semarang, serta belum memanfaatkan media promosi. Kesimpulan dari skripsi ini dalam strategi rekrutmen calon jamaah haji KBIH As-Shodiqiyah Kota Semarang adalah anggota keluarga pengurus, teman dan jamaah, menerapkan sistem kekeluargaan, biaya manasik yang bersifat sukarela serta silaturrahmi para alumni jamaah haji yang dapat menarik jamaah untuk ikut bergabung bersama KBIH, walaupun dalam merekrut tidak menggunakan iklan, brosur, spanduk dan lain-lain yang biasanya untuk sosialisasi KBIH.