Daftar Isi:
  • penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen Pelayanan Manasik Haji di KBIH Al-Manshur Tahun 2013. 2) Manajemen pelayanan manasik haji relevansinya dengan jumlah jamaah haji di KBIH Al-Manshur tahun 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) observasi, dalam hal ini adalah mengenai pelaksanaan pelayanan bimbingan ibadah haji KBIH Al-Manshur kabupaten Wonosobo. 2) wawancara, digunakan untuk mengumpulkan data tentang bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam pelayanan manasik haji untuk meningkatkan kualitas pelayanan di KBIH Al-Manshur. 3) Dokumentasi, yaitu memperoleh dokumen KBIH Al-Manshur terkait sejarah berdirinya, struktur organisasi, visi dan misi KBIH Al-Manshur, jumlah jamaah di KBIH Al-Manshur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelayanan manasik haji di KBIH Al-Manshur sudah cukup baik, namun selama tiga tahun terakhir perkembangan jumlah jamaah haji yang mengikuti bimbingan di KBIH Al-Manshur mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena adanya persaingan yang amat ketat dengan KBIH-KBIH di Kabupaten Wonosobo, pelayanan akses dan informasi yang kurang memadai, sistem perekrutan dan promosi yang kurang maksimal, dan seringnya terjadi dobel data calon jamaah di KBIH lain yang mengakibatkan perpindahan jamaah ke KBIH lain. Penyebab penurunan jumlah jamaah di KBIH Al-Manshur membuktikan bahwa manajemen pelayanan manasik haji di KBIH Al-Manshur belum maksimal khususnya dalam pelayanan administrasi.