Analisis pesan pada rubrik Tadzkirah majalah Ar Risalah (edisi November 2013 – April 2014) dalam prespektif dakwah
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data penulis dengan mendokumentasikan rubrik Tadzkirah majalah Ar Risalah edisi bulan November 2013 sampai dengan April 2014. Penulis juga mendokumentasikan artikel, buku dan data internet yang menunjang penelitian ini, Selain melalui dokumentasi, penulis juga melakukan wawancara terhadap para redaktur di majalah Ar Risalah. Semiotik digunakan sebagai pendekatan untuk menganalisis teks media dengan asumsi bahwa media itu sendiri dikomunikasikan melalui seperangkat tanda dan memilih kata, kalimat atau paragraf sebagai satuan kajian (unit of analysis). Kemudian diklasifikasikan kedalam tiga pokok materi dakwah yaitu: aqidah, syariah, dan akhlak, tetapi apabila terdapat materi dakwah di luar dari tiga materi tersebut, maka peneliti mengambil kebijakan dengan memasukkan kedalam materi yang lain seperti tasawuf. Peneliti mengunakan analisis semiotik deskriptif untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dari enam rubrik (edisi), materi aqidah muncul sebanyak tiga kali, materi akhlak muncul sebanyak dua kali dan materi tasawuf muncul sebanyak satu kali. Dan materi aqidah menjadi materi yang dominan dari pada materi yang lainnya. Adapun kelebihan pesan dakwah yang terkandung dalam rubrik ini adalah isi pesan fokus pada hati sebagai pengingat, dengan bentuk pesan berupa cerita (kisah), sehingga dengan mudah dimengerti oleh pembaca. Sedangkan kekurangannya yaitu; masih kurang kandungan dalil berupa ayat Al Qur`an atau Hadist pada setiap nukilan kisah yang dimuat, serta isi pesannya kadang tidak aktual dengan permasalahan yang dihadapi oleh ummat.