Pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring kab. Kendal
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pemahaman materi pelajaran ghorib santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik analisis Regresi yaitu teknik analisis yang bertujuan menguji bentuk hubungan yang fungsional variabel X sebagai prediktor terhadap variabel Y sebagai kriterium. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda.hal ini ditunjukan dengan nilai Freg sebesar 0,0411377 setelah dicocokan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 5,45 sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,34 karena Freg < Ftabel 1% dan Ftabel 5%, (0,041137< 5,45 < 3,34), maka tidak signifikan, dengan persamaan garis regresi = 84,826 + 0,020X. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa pemahaman materi pelajaran ghorib ada pengaruhnya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab.Kendal dan masyarakat pada umumnya.