Efektivitas penggunaan model pembelajaran time token terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok bahan kimia di rumah tangga di MTs Uswatun Hasanah Mangkang
Daftar Isi:
- Penggunaan Model Pembelajaran time token sebagai salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam model pembelajaran time token peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan bersosialisasi dengan menggunakan kupon bicara yang berisi kata kunci yang bergambar sehingga pembelajaran tidak membosankan, dapat melatih rasa percaya diri siswa, melatih daya ingat siswa, serta lebih efektif dan lebih cepat dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran time token terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada Materi Pokok Bahan Kimia di Rumah Tangga di MTs Uswatun Hasanah Mangkang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Uswatun Hasanah Mangkang. Jadi sampel diambil dari populasi keseluruhan. Pengumpulan data dari dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan metode test. Penelitian ini menggunakan dua indikator efektivitas model, yaitu efektivitas peserta didik terhadap hasil belajar dan partisipasi aktif siswa. Efektivitas hasil belajar ditinjau dari hasil belajar ranah kognitif, sedangkan partisipasi aktif siswa ditinjau dari hasil belajar ranah psikomotorik. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t, yang dilakukan untuk membandingkan hasil pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan dalam ranah psikomotorik menggunakan analisis deskriptif. Selanjutnya untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran time token menggunakan analisis deskriptif keefektifan. Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa thitung = 3.94 sedangkan ttabel = 1. 68 dengan taraf nyata 5% karena thitung ttabel maka data tersebut dinyatakan signifikan/nyata. Sedangkan hasil perhitungan analisis keefektifan menunjukkan bahwa model pembelajaran time token lebih efektif daripada metode ceramah dengan rata-rata hasil belajar siswa baik kognitif, dan ranah psikomotorik kelas eksperimen adalah 76% yang mempunyai kriteria efektif dibanding kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah didapatkan 65% yang mempunyai kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran time token berpengaruh terhadap efektivitas hasil belajar peserta didik.