Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam belajar fikih dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas IX MTs . Dari hasil observasi secara langsung di kelas IX sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran fikih menggunakan metode ceramah, siswa menunjukkan sikap yang kurang berkeaktifan dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari siswa tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain, seperti mengantuk, mengobrol dengan teman bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Sehingga siswa tidak berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Obyek penelitian ini adalah MTs Nurul Huda Bogorejo Blora. Dalam penelitian digunakan IX A untuk penerapan pembelajaran melalui metode problem solving yang jumlahnya ada 29 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan metode problem solving dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi keaktifan belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap prasiklus keaktifan belajar siswa mempunyai prosentase 65,71 % dan rata-rata nilai akhir 67,79. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 72,86 % dan rata-rata tes akhir 80,28. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 keaktifan belajar mengalami peningkatan yaitu keaktifan siswa dapat diprosentasekan menjadi 81,43 % dan rata-rata tes akhir siswa adalah 85,45. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan model pembelajaran secara problem solving dengan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.