Upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI materi sholat melalui perpaduan model pembelajaran card sort dan PAP (Picture And Picture) di kelas IV SDN Jatingaleh 03 Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui bagaimana penggunaan model card sort dan PAP pada pelajaran PAI materi sholat dapat meningkatkan minat belajar peserta didik SDN Jatingaleh 03 Semarang, 2) meningkatkan minat peserta didik. dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan model card sort dan PAP. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti berusaha menjelaskan suatu obyek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat dan terhadap obyek kajian tersebut yaitu data ini diwujudkan bukan dalam bentuk angka-angka melainkan dalam bentuk uraian deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pada tahap pra siklus ini, hasil jawaban angket peserta didik hanya diperoleh sebesar 53,73% dan ini masih berada dibawah rata-rata, sedangkan hasil dari observasinya hanya mencapai 58, 33 % pada tahap siklus 1 sudah menunjukkan sedikit peningkatan dari hasil jawaban angket peserta didik yaitu sebesar 61,02%. sedangkan hasil observasinya mencapai 72, 91 % Dan pada tahap siklus 2 ini sudah banyak yang menunjukkan adanya peningkatan dari minat peserta didik yakni sudah mencapai 83,04% sedangkan hasil observasinya sebesar 87, 05 % dan ini sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni mencapai 75 %.