Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran reading guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji kelas IV semester genap di SDN 02 Wonosari Kendal
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji Kelas IV Semester Genap di SDN 02 Wonosari Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Wonosari Kendal pada semester genap tahun 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes prestasi (achievement test). Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode cerita. Penyampaian materi perilaku terpuji dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide, yaitu dengan memberikan sebuah cerita dan lembar pertanyaan. Dengan menggabungkan metode pembelajaran Reading Guide dengan metode cerita, dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan bersemangat sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan perolehan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik adalah 57,77% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,25%. 2). Hasil belajar PAI siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok perilaku terpuji. Pra siklus diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belaja 40% Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,75 dengan ketuntasan belajar 55%. Dan meningkat menjadi 74,25 dengan ketuntasan 80%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus III.