Aplikasi model Amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning (studi pada Madrasah Diniyah Putri Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Semarang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi model Amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah putri pondok pesantren Addainuriyah 2 Semarang serta mengetahui problematika dan solusi dari problematika aplikasi model Amtsilati tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan analisis non statistik dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis isi hasil penelitian serta menggunakan pola berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi model amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah putri pondok pesantren Addainuriyah 2 Semarang mengalami beberapa hambatan, antara lain: tingkat kemampuan santri yang beragam, sehingga mempersulit bagi santri yang memiliki potensi yang kurang pandai untuk menyelesaikan materi/jilid dengan waktu yang cepat, model amtsilati tidak dilaksanakan secara intensif karena metode lama sudah berjalan sehingga mempersulit pembagian waktu antara pembelajaran Amtsilati dan pembelajaran dengan metode klasik yang telah berjalan sebelumnya, kurangnya tenaga ustadz dan ustadzah yang menguasai model pembelajaran Amtsilati. Solusi yang dilaksanakan madrasah diniyah putri pondok pesantren Addainuriyah 2 Semarang untuk mengatasi hambatan-hambatan aplikasi model Amtsilati dalam pembelajaran kitab kuning ini adalah dengan cara: Pertama, Penguatan materi para ustadz, Penguatan materi yang harus dilakukan oleh para ustadz ada berbagai hal yakni: Mengikuti diklat Amtsilati secara intensif dan Studi banding pelaksanaan Amtsilati. Kedua, Intensitas waktu pembelajaran. Intensitas waktu pembelajaran dilakukan dengan cara memberikan penambahan jam pembelajaran. Ketiga, Pembentukan kelompok belajar. Pembentukan kelompok belajar bertujuan untuk mendiskusikan kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan dan informasi masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak akademisi khususnya di lingkungan fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang