Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri melalui model cooperative learning tipe snow balling kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011

Main Author: Nurchasanati, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/1/63111079_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/2/63111079_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/3/63111079_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/4/63111079_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/5/63111079_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/6/63111079_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/7/63111079_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak menggunakan model cooperative learning tipe snow balling. 2) keaktifan peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak menggunakan model cooperative learning tipe snow balling. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah peserta didik sebanyak 43 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model cooperative learning tipe snow balling dalam pembelajaran akidah akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri, menunjukkan adanya perubahan, dapat dilihat berdasarkan jumlah nilai yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, jumlah nilai rata-rata adalah 6,50, tahap siklus I nilai rata- rata adalah 7,42, dan tahap siklus II nilai rata- rata adalah 8,18. Sedangakan untuk prosentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap pra siklus adalah 4,77%, pada tahap siklus I adalah 48,64%, dan pada tahap siklus II adalah 82,06%. Dari 3 tahap siklus stersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo. Dan juga keaktifan peserta didik dapat meningkat, dapat dilihat pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik sebesar 44%, pada tahap siklus I sebesar 56% dan pada tahap siklus II sebesar 84%. Penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak materi menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri melalui model cooperative learning tipe snow balling dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A semester gasal MTs KHR Ilyas Tambakrejo Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2010/2011.