Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode everyone is a teacher here pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok sejarah Nabi Muhammad periode Makkah di kelas VII.A MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan penerapan pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok Sejarah Nabi Muhammad Periode Makkah di kelas VII.A MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok Sejarah Nabi Muhammad Periode Makkah dengan menggunakan metode everyone is a teacher here di MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak. Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan pemberian tes awal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini adalah nilai rata-rata kelas minimal mencapai 60 dengan ketuntasan klasikal minimal 80%. Dari hasil penelitian diperoleh, 1) Pelaksanaan penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok sejarah Nabi Muhammad periode Makkah di kelas VII.A MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak dilakukan dengan a) guru membagikan kartu indeks kepada peserta didik. b) Guru memerintahkan membuat pertanyaan seputar pelajaran yang sedang dibahas. c) Guru meminta kembali kartu tersebut untuk dikocok dan dibagikan kembali kepada peserta didik dengan catatan tidak kembali pada peserta didik semula. d) Guru memberikan perintah kepada peserta untuk membaca dan memahami pertanyaan di kertas masing-masing, sambil memikirkan jawabannya. e) Guru memberikan kesempatan pada sukarelawan untuk membacakan pertanyaan yang mereka dapatkan dan memberikan jawaban. f) Guru mempersilakan kepada peserta didik lain untuk melengkapi jawaban dari temannya. g) Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan. h) Guru melakukan evaluasi dengan memberi soal-soal kepada siswa untuk dikerjakan. 2) Penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VII.A MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak, peningkatan hasil ini ditunjukkan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, juga ditunjukkan adanya peningkatan nilai skor tes akhir dari masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang diprosentasikan melalui pengamatan tentang aktivitas peserta didik pada tiap siklus yang semakin meningkat. Prosentase keaktifan peserta didik pada tahap pra siklus yaitu 37,5%, pada siklus I menjadi 57,5% dan siklus II meningkat menjadi 72,5%, sedangkan peningkatan rata-rata hasil tes akhir dari pra siklus, siklus I dan siklus II 58,89; 65,69 dan 74,44. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi pokok sejarah Nabi Muhammad periode Makkah di kelas VII.A MTs Bandar Alim Jungpasir Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011.