Daftar Isi:
  • Belajar merupakan suatu proses yang melibatkan berbagai unsur dan kondisi, maka keberhasilan tentunya tidak hanya tergantung pada satu intelegensi saja, melainkan juga harus ditunjang oleh faktor-faktor lain, berasal dari luar diri seseorang, diantaranya adalah guru, guru mempengaruhi terhadap keberhasilan siswa, karena guru adalah orang yang berperan mendorong, merangsang dan membimbing aktivitas siswa, banyak terjadi pada siswa-siswa yang semestinya mempunyai intelektual tinggi, namun mereka mengalami kegagalan dalam studinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan teknik analisis kualitatif yang dilakukan terhadap kelas VIII A Darul Ulum Bulusari Sayung Demak, Sebagai upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam melalui metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam proses pembelajaran. Untuk itu, tujuan digunakannya metode STAD(Student Team Achievement Division) adalah 1) meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 2) memudahkan guru untuk melakukan transfer of knowing. Melalui observasi sebagai instrument penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam mencapai tujuan pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar pra siklus sebanyak 69,42. Setelah melakukan observasi, pada tahap siklus I rata-rata nilai hasil belajar 68,57, pada siklus II meningkat menjadi 70 Selanjutnya pada siklus III meningkat lagi menjadi 73,14 dengan KKM sebesar 65 sesuai indikator ketercapaian yang ditetapkan. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada materi Dinasti Al-Ayyubiyah mengalami peningkatan yang signifikan. Karena dengan menggunakan pendekatan ini, proses pembelajaran bisa berlangsung lebih interaktif, antara siswa dengan guru. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara memadai.